Siapa Bilang, Jadi Bos Itu Enakkk?

Temen-temen gue yang kerja di kantoran, kalau curhat ujung-ujungnya selalu ngejelek-jelekin bosnya, padahal, setau gue sih, kalau di hadapan bosnya, mereka itu pada sopan, segan, santun dan penuh senyum. gue jadi mikir apa sih dosa-dosa bos mereka sampai di "muka-belakang"in kayak begitu. Padahal gue yakin, karena gue kebetulan kenal sama bos yang sering dijelek-jelekin itu.. gue yakin kalau beliau adalah orang yg baik, yang nggak mungkin ngamuk tanpa alasan dan nggak mungkin ngambek ga jelas, wakaka...

Sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi, mungkin karena situasi aja ya... ada keadaan yang membuat si bos nggak puas sama para karyawannya dan karena para karyawan merasa nggak fair, mereka pun akhirnya nyolot juga, tapi di belakang... bukan di depan hidung si bos tadi.
gue, yang memang udah lumayan lama "melihara" anak buah, sebenarnya kasihan sama si bos tadi. secara gue tau pasti kenapa dan apa aja sih yang bisa bikin kami (orang-orang yg menggaji orang lain) ngerasa kesal, atau gemes pingin masukin mereka (orang-orang yang kami gaji) ke dalam samsak terus ditinju-tinjuin.

ini sekedar pengalaman pribadi gue di toko gue.

1. Nanya harga melulu.
Di toko, gue punya satu pelayan perempuan yang suka bolak-balik nanyain harga barang walaupun sebenarnya dia bisa tinggal lihat di list yang ada di rak barang itu. Mungkin karena keenakan awal-awal dia nanya ke gue, selalu gue jawab. Karena gue memang hafal semua harga barang mulai harga eceran sampai per dosnya, jadi dia suka langsung nanya kalau kebetulan gue ada di toko. awal-awalnya sih gue pikir nggak masalah, daripada dia salah sebut harga atau mungkin dia nggak bisa baca list atau nggak ngerti kode harga dll. jadi tiap dia nanya selalu gue jawab. tapi lama-lama jadi nyebelin. gue malah ngerasa jadi mesin scan yang tugasnya cuman ngasih tau harga barang sama dia yang padahal udah 6 bula kerja tapi nggak hafal-hafal. Akhirnya gue kasih dia PR buat ngapalin semua list harga dalam seminggu. tapi udah lewat seminggu dia masih suka nanya harga sama gue. ini nih yang bikin gue kepingin banget (kalau hukum mengijinkan) buat masukin dia ke dalam samsak terus gue tinju-tinjuin.

2. Ngebon melulu.
Kalau yang ini pembokat laki-laki yang kerjaannya bagian gudang. gue sebenarnya jarang ketemu pegawai-pegawai yang tugas di gudang, paling-paling cuma ketemu sama kepala gudangnya buat ngecek stok barang aja sih. tapi gue jadi hafal sama ni orang gara-gara dia ngebon melulu. Dalam sebulan dia bisa bon sampai 15 kali. nggak cuma duit tapi juga barang-barang di toko. jadi tiap tanggal gajian dia yg terima gaji paling dikit. udah gitu pake ngeluh lagi karena teman-temannya terima duit lebih banyak dari dia, terus dia nyusahin temen-temennya dengan minjem duit sama mereka. Walaupun udah gue tegur dan gue kasih batas ngutang sebelum tanggal gajian, tapi di bulan berikutnya dan berikutnya lagi, dia teteeep aja suka ngebon. Lama-lama nih orang gue masukin samsak trus gue panggil orang sekampung buat ngegebukin dia.

3. Flirting sama pelanggan.
Ada satu pelayan cowok di toko gue yang mungkin cita-citanya kepingin jadi hostes tapi nggak kesampean karena kekurangan dari segi tampang. akhirnya cita-citanya itu dia lampiasin di toko gue. tiap ngeliat pembeli cewek (entah ABG, emak-emak, nenek-nenek) semua digombalin sama dia. awal-awalnya sih gue pikir buat lucu-lucuan aja, ada pelayan yg suka ngerayu pembeli perempuan kan biasa. tapi makin ke sini, makin menjadi-jadi. pake minta nomor hape, nomor sendal sampe nomer beha (yg terakhir enggak ding) lama-lama para pelanggan itu jadi ngerasa ga nyaman, belanja di toko gue ibarat teror gara-gara takut digodain sama pelayan gue yang itu. Karena udah gue tegur dan nggak ada perubahan, akhirnya gue pindahin ke gudang. tapi di sana dia malah bikin rusuh gara-gara ngegodain istri kepala gudang yang juga jadi tukang masak di sana, jadilah dia gue taro di toko lagi, tapi di bagian etalase celana dalam cowok. Mudah-mudahan ada kesempatan buat gue masukin dia ke dalam samsak terus minta para homo buat tinju-tinjuin... 

4. Suka ngegosip.
Gue memang nggak selalu ada di toko selama jam buka toko. paling gue ada di toko cuma 3 jam atau 5 jam kalau toko lagi rame. Jadi begitu gue nongol, adaaa aja yang bakal dilaporin sama pelayan gue yang satu ini. Sebenarnya gue punya semacam orang kepercayaan yang gue tugasin buat ngurusin toko selama gue nggak ada, tapi karena kerjaan di toko memang banyak, dia biasanya agak telat ngasih laporan ke gue. jadi kalo ketemu dia, paling cuma ngomongin garis besarnya aja. Nah, pelayan yang atu ini nih yang ngelaporin hal-hal kecilnya. Kejadian nggak penting kayak jepit rambut pelayan lain yang ilang sampe kejadian yang lebih nggak penting seperti pelayan cowok yang pake celana dalam kebalik (entah dia tau dari mana) dilaporin semua ke gue. mending kalau cuma itu doang, ini malah laporannya malah merembet kemana-mana. Malah kadang sekalian curhat. bikin gue jadi males datang ke toko. Udah gitu ternyata dia kadang suka ngarang-ngarang cerita buat ngejelekin temannya yang dia nggak suka. Makin nyebelin, gue ini bos, bukan baby sitter. Kadang gue mikir, memang tugas atasan buat mengayomi bawahan, tapi gue kan nggak harus dengerin semua uneg-uneg dia yg nggak penting. haduuh, lama-lama gue masukin samsak terus gue ayun-ayunin nabrak tembok. 

5. Terlalu baik sama pembeli
Begini, gue hafal bener sama kalimat "Pembeli adalah raja" tapi... di toko gue, slogan yang berlaku adalah "Penjual adalah dewa". kami menyediakan barang yang ingin kalian beli. toko lain memang juga menyediakan, tapi yang lebih murah, lebih menjaga kualitas dan lebih mengutamakan stok barang yg stabil di daerah gue ya cuma toko gue ini. Jadi kadang gue suka sebel sama pembeli yang banyak maunya. Nggak mau produk yg dipajang di rak, maunya yg baru dibuka dari dos, kepingin packaging lengkap pakai dos dan kayu tapi nggak mau bayar lebih, minta diskon lebih padahal barangnya udah didiskon, dll. nah... pelayan gue yang satu ini entah kenapa suka cari muka sama pembeli. di toko manapun, pasti ada peraturan barang yang distok lebih dulu harus dijual lebih dulu untuk menghindari lewatnya tanggal kadaluarsa. di toko gue, kita punya sistem yang bisa memastikan barang-barang yang dijual mengikuti waktu masuknya barang. jadi kita tau di mana barang-barang baru disimpan dan di mana barang-barang lama ditata. tapi pelayan gue ini sukanya ngasih barang-barang stok baru ketimbang stok lama ke pembeli. bukan cuma itu, dia juga suka diam-diam nambahin packaging sama pembeli. misalnya si pembeli cuma bayar ongkos karung buat packing, tapi sama pelayan gue itu ditambahin krat kayu. terus, di toko manapun, pastinya harga ecer lebih murah daripada harga partai. misalnya harga bawang bombay sebiji jelas lebih mahal daripada sekilo, dan harga sekilo pasti lebih mahal dari harga sekarung. Nah, misalnya si pembeli mau beli 5 butir bawang bombay, itu sama pelayan gue yang ini ditawarin buat beli setengah kilo, ya jelas harga setengah kilo bakal lebih murah daripada harga perbiji. gue herannya, ngapain dia pake nawarin kiloan segala... malah enak yg beli dong padahal dia kan kerja sama gue, yang ngegaji dia juga gue, bukan si pembeli ituuuu. ada lagi, pas pembeli mau beli kopi rentengan (kan ada tuh yg promonya beli 2 gratis 1) pembelinya mau beli 3 renteng malah dikasih tau sama dia supaya beli 2 aja karena nanti dapat gratis 1. haduuuh.... sebel bangeeet....
bukan berarti gue curang sama yg beli, tapi kan pembelinya juga bisa baca sendiri, kan ada juga tulisannya, kalo dia nggak tau atau nggak nyadar, yaudah, berarti belum rejekinya dia, tapi masih rejeki gue wakaka... tapi gara-gara pelayan gue yang ember ini... gue kan nggak jadi untung banyak. melihara pelayan kayak dia ini sama aja banyakin rejeki buat pembeli, tapi bikin keuntungan gue juga nipis. yang kayak begini ini pantesnya gue masukin ke dalam samsak trus gue gelinding-gelindingin di lapangan bola yang belom ada rumputnya. 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kalau dilihat dari sisi kami, jadi bos yang menggaji karyawan itu sungguh nggak enak. masalahnya yang mereka jalankan itu kan usaha gue, mereka sih sebodo amat kalaupun gue rugi atau bangkrut, yang penting mereka tetap nerima gaji. udah gitu, karena mereka itu orang-orang dengan tingkat pendidikan rendah (bukan sarjana ataupun lulusan SMA) jadinya perlu tenaga ekstra buat ngajrin mereka cara kerja yang benar. nyerahin ke manajer toko juga percuma, kerjaan dia udah banyak, masa mau ditambah dengan ngurusin karyawan, kan belum tentu karyawannya kepingin kurus :P 
Kadang mereka juga nggak mau tau ketika ditegur atau dikasih tau
kadang mereka suka seenaknya sendiri karena bosnya terlalu baik dan jarang nongol di toko
kadang mereka suka curhat ga jelas dan ngebon setiap saat
kadang mereka suka bikin gue ditegur sama suami-suami orang yang katanya istri-istrinya digodain sama pelayan gue
kadang mereka suka jadiin gue kayak mesin scan harga
kadang mereka lupa kalau gue itu bos mereka, bukan teman gaul mereka
kadang mereka suka minta traktir kalo ada tukang baso yang lewat

dan walaupun gue sudah menerima semua perlakuan itu dengan tabah, gue masih juga diomongin di belakang gue. gue masih dijelek-jelekin juga, gue masih diledekin sampai gue gemes kepingin ngeledek balik.
Gue ikut bersimpatik sama bos teman-teman kantoran gue, karena gue tau, dia pasti juga ngerasain susahnya jadi atasan, susahnya jadi orang yang ngebayar orang-orang yang udah bikin susah tapi masih ngejelekin.
pada nggak tau apa jaman sekarang susah nyari kerja kalau nggak punya ijazah. 
punya kerjaan yang menghasilkan gaji tiap bulan itu mestinya disyukuri
bukan malah ngegunjingin orang yang udah ngasih kalian gaji...

aaaaaargh.... bener-bener deh gue kepingin masukin mereka semua ke dalam samsak terus gue tinju-tinjuiiiinnnn.......

Kalau hukum mengijinkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

April Mop Berdarah

Hari Gini Masih Pacaran? Mendingan Jomblo !!!

Toko Nyentrik Series