Valentine Gift Episode 2

Round and Square Box

Tutorial bikin valentine gift episode 2 ini gue bikin giftbox dari silinder lakban yang udah abis.
Berhubung giftbox yang dijual di toko-toko itu mahalnya naudzubillah, gue merasa absurd banget kalo ngasih kado valentine yang lebih mahal kotaknya ketimbang isinya. Jadi, demi kesejahterahan dompet dan uang jajan gue, maka gue memutuskan untuk bikin giftbox sendiri dari sisa-sisa cardboard yang gue pake buat project souvenir nikahan temen tahun lalu. Dan, berhubung jumlah sisa cardboard yang ada juga terbatas, maka gue pake silinder bekas lakban buat menjadi body giftboxnya.
Okeh, begini cara bikinnya...

Material yang gue pake:
Silinder bekas lakban gede, diutamakan yang tebel.
2 biji cardboard kotak yang ukurannya paling nggak lebih gede dari diameter silinder lakban itu. Kebetulan ukuran gue 10X10 cm.
trus satu lagi cardboard persegi panjang yang panjangnya agak lebih besar dari keliling cardboard. gue nggak ngukur ukuran gue berapa. ukuran free hand deh... yang penting lebarnya 3cm
Kertas origami (Lagi!) Karena hanya itu yang gue punya. Yang mau pake kertas kado atau fancy paper lain ya monggo...
Renda dan pita sama benang dan jarum buat dekorasinya.
Di gambar enggak ada, tapi gue juga butuh lem tembak sama potongan kertas bufalo buat bikin cardnya nanti.
Dan seperti biasa, peralatan craft standar, gunting, lem kertas, pinsil ato pulpen ato spidol, gunting gelombang, gitu-gitu dehh....

Step 1
Bikin bunga dari renda.
Bikinny gampang, tinggal jelujurin pita sambil ditarik sampe membentuk bunga sesuai yang diinginkan (gambar kiri bawah)
jahit sambung bagian awal dan akhir renda tadi, potong kelebihan renda, rapikan.
Kasi kancing atau manik-manik di bagian tengah bunga.
(Gambar kanan bawah)

Step 2.
Lapisin cardboard 10X10cm tadi dengan fancy paper.
ini nih, enaknya pake kertas origami, tinggal pilih yang ukuran 14X14 cm udah ngepasss...
Btw, untuk ngelapisinnya terserah mau pake jurus apa aja boleh, pake jurus potong sudut-sudut atau pake jurus lem tumpuk, sah-sah aja...
Tapi karena gue keren, gue pake jurus kayak di atas nohhh :P.

Step 3.
Lapisin cardboard persegi panjang dengan fancy paper. Terserah gimana caranya, pokonya hasilnya seperti gambar pertama. Trus lapisin juga silinder lakbannya. (gambar 2 dan 3) terus lanjut cover bagian dalam silinder (gambar 4 dan 5) intinya semua permukaan silinder harus dilapisi dengan fancy paper sedemikian rupa.
Tahap berikutnya, gue lilitin cardboard yang panjang tadi ke sekeliling silinder. Atur agar cuma 1,5cm saja yang menutupi silinder, 1,5cm sisanya harus berada di atas permukaan silinder lakban tadi. ini maksudnya supaya waktu ngelem pake lem tembak, bagian permukaan silinder tidak ikut melekat dengan tutupnya.
Tahan dengan bantuan karet gelang.

step 4.
Rekatkan bagian atas dan bagian bawah silinder dengan cardboard segi empat yang sudah dilapisin tadi dengan lem tembak. (Lihat gambar 1) Biarkan sampai kering.
Pasang bunga renda dengan lem tembak juga.
Setelah lem kering, buka karet gelang yang jadi penahan tadi, trus isi giftboxnya dengan coklat koin
(iya, ini coklat koin murah yang harga setoplesnya cuman 5ribu perak)
Gue pilih cuman yang warna kuning aja :)
Btw, saking longgarnya nih tutupan, sampe bisa diputer-puter segala (gambar 4)

Step 5.
Bikin Card....
Kali ini cuman bikin tag biasa aja. pake bufalo biru (iya, gue cuman punya warna biru T^T) sama origami merah metalik (ada kerlip-kerlipnya gitu >_< )
Tempel kertas origami merah ke bufalo biru, gambar design tagnya, trus gunting deh pake gunting gelombang. Terakhir, tulisin pesan untuk peerima di balik tag. Kelar...

Berhubung tutupan giftbox gue rada longgar, jadi gue pake pita merah buat penahan. pita itu gue ikatin kayak ngikat kado biasa. Terus tag yang udah jadi tadi gue sematin pake clip kertas warna merah ke bagian bow pitanya itu , dan jadi dehhh.....
Jelas ga seperti giftbox yang dijual di toko-toko. Bentuk giftbox gue kan nggak pasaran, unik, handmade dan yang paling penting, harganya murahhh...
Cuman butuh waktu 20 menit aja ngerjainnya. Kalo ga pake foto-foto yah, paling 15 menit juga kelar...

Okeh, sekian postingan valentine gift episode 2. episode 3 nya gue posting besok aja.
Poto-potonya belom pada diedit semuanya.
Bay bay baaayyy......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

April Mop Berdarah

Toko Nyentrik Series